Rabu, 23 Maret 2016

TEORI DAN ALGORITMA PADA PEMBUATAN GAME


Permainan video (bahasa Inggris: video game) adalah permainan yang menggunakan interaksi dengan antarmuka pengguna melalui gambar yang dihasilkan oleh piranti video. Permainan video umumnya menyediakan sistem penghargaan – misalnya skor – yang dihitung berdasarkan tingkat keberhasilan yang dicapai dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ada di dalam permainan.

Kata “video” pada “permainan video” pada awalnya merujuk pada piranti tampilan raster. Namun dengan semakin dipakainya istilah “video game”, kini kata permainan video dapat digunakan untuk menyebut permainan pada piranti tampilan apapun. Sistem elektronik yang digunakan untuk menjalankan permainan video disebut platform, contohnya adalah komputer pribadi dan konsol permainan.
Game bertujuan untuk menghibur, biasanya game banyak disukai oleh anak – anak hingga orang dewasa. Games sebenarnya penting dalam perkembangan otak, untuk meningkatkan konsentrasi dan melatih untuk memecahkan masalah dengan tepat dan cepat karena dalam game terdapat berbagai konflik atau masalah yang menuntut kita untuk menyelesaikannya dengan cepat dan tepat. Tetapi game juga bisa merugikan karena apabila kita sudah kecanduan game kita akan lupa waktu dan akan mengganggu kegiatan atau aktifitas yang sedang kita lakukan.
JENIS GAME
ada berbagai macam jenis - jenis game, yaitu :

1. FPS (First Person Shooter )

adalah tipe video game yang biasanya menggunakan sebuah senjata jarak jauh untuk menembak. Dari nama tipe game ini, yang dimaksud first person adalah kita sebagai pelaku utama pada tampilan layar, situasi biasanya ada di dalam peperangan.


2. RPG (Role Playing Game)
adalah tipe game dimana kita memainkan karakter di dalam dunia khayalan, berpetualang mengikuti alur cerita hingga akhir. Dalam petualangannya, pemain dituntut untuk membunuh monster, mencari item, ataupun menyelesaikan sebuah teka-teki. Game RPG biasanya bersifat offline, kita harus mendownload client/driver untuk memainkannya.
Contoh game RPG : Kingdom of Amalur Reckoning, Final Fantasy, Skyrim.

3. MMORPG( Massively Multiplayer Online Role Playing Game)

adalah tipe game yang termasuk ke dalam tipe RPG, bedanya dalam MMORPG player bertemu dengan player lain dalam satu server. Saling bekerja sama menyelesaikan sebuah misi, menaikkan level, berbisnis atau sekedar membuka ruang chatting di dalam game. Game tipe ini bersifat online, dibutuhkan client/driver untuk memainkannya.


4. Web MMORPG ( Web Massively Multiplayer Online Role Playing Game)
Game tipe ini sama dengan penjelasan game MMORPG diatas, bedanya tipe game ini tidak membutuhkan sebuah client/driver untuk memainkannya. Melainkan bermain melalui browser saja seperti Internet explorer, Chrome, Mozilla, dll.

5. RTS (Real Team Strategy)

Tipe ini merupakan tipe yang mempunyai ciri khas yaitu peperangan antar 2 atau lebih pasukan untuk mencapai kemenangan. Strategi menentukan kemenangan antara tim yang bertarung. Dalam permainannya, tim dituntut untuk menjaga markasnya, membangun sebuah pertahanan, mengumpulkan uang dan persenjataan, atau memilih hero untuk berperang.


6. Life Simulation Game

adalah tipe game simulasi dimana kita seolah menjalani kehidupan yang ada di dalam sebuah game. Kita mengontrol karakternya seperti makan, berjalan, tidur, buang air, mengendarai, dan aktivitas sehari-hari lainnya.


7. Vehicle Simulation

adalah tipe game dimana kita akan dihadapkan oleh sebuah simulasi berkendara di sebuah jalan di dalam game. Kita seolah-olah mengendarai kendaraan, menyetir, melihat spion, seperti merasa berkendara di dunia nyata


ALGORITMA
Algoritma adalah metode efektif diekspresikan sebagai rangkaian terbatas  dari instruksi-instruksi yang telah didefinisikan dengan baik untuk menghitung sebuah fungsi, dalam pembuatan game sendiri algoritma sangat dibutuhkan untuk rancangan awal game, ada beberapa jenis algoritma untuk pembuatan game, yaitu:


  • MINIMAX, Sebuah prosedur pencarian yg melihat kedepan, memperhatikan apa yg akan terjadi, kemudian yang digunakan untuk memilih langkah berikutnya.
  • ALPHA-BETA PRUNING, Algoritma ini merupakan improvisasi dari algoritma minimax. Algoritma ini untuk meningkatkan efisiensi fungsi minimax dalam hal pencarian, kemudian fungsi evaluasi ditambahkan sepasang nilai alpha dan beta.
  • FUZZY, Logika fuzzy merupakan pengembangan dari logika boolean. Sistem fuzzy atau logika fuzzy adalah salah satu bahasa soft computing yang memiliki karakteristik dan keunggulan dalam menangani permasalahan yang bersifat ketidakpastian dan kebenaran parsial. Logika fuzzy merupakan pengembangan dari logika boolean yang hanya memiliki nilai true (1) atau false (0).
  • ALGORITMA GENETIKA, Algoritma genetika adalah algoritma yang berusaha menerapkan pemahaman mengenai evolusi alamiah pada tugas-tugas pemecahanmasalah (problem solving). Pendekatan yang diambil oleh algoritma ini adalah dengan menggabungkan secara acak berbagai pilihan solusi terbaik di dalam suatu kumpulan (populasi) untuk mendapatkan generasi solusi terbaik berikutnya yaitu pada suatu kondisi yang memaksimalkan kecocokannya atau lazim disebut fitness.
  • ALGORITMA AI (ARTIFICIAL INTELEGENCE), Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) merupakan cabang terpenting dalam dunia computer yang membuat agar mesin (computer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan manusia. Pada awalnya diciptakan computer hanya berfungsi sebagai alat hitung. Tapi sekarang peran computer makin mendominasi kehidupan manusia. Komputer di harapkan data diberdayakan untuk mengerjakan segala sesuatu yang biasa dikerjakan oleh manusia.

DAFTAR PUSTAKA
https://id.wikipedia.org/wiki/Algoritma
http://gridcontroll.blogspot.co.id/2012/10/algoritma-yang-digunakan-untuk-membuat.html
http://zigafiles.blogspot.co.id/2013/05/pengenalan-jenis-jenis-genre-games.html
https://hakkajiten.wordpress.com/index/pengantar-teori-game/pengertian-game/

0 komentar:

Posting Komentar